Select your Top Menu from wp menus

Kuliah Umum Jurusan Pendidikan IPS Bertema “Metodologi Kualitatif dan Data Analisis dalam Perspektif Berfikir Matthew B. Miles, A. Michael Hurberman”

Kuliah Umum Jurusan Pendidikan IPS Bertema “Metodologi Kualitatif dan Data Analisis dalam Perspektif Berfikir Matthew B. Miles, A. Michael Hurberman”

Kuliah Umum oleh Prof. Ahmad Sonhadji, K.H., MA., Ph.D dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 bertempat di Media Center Univrsitas Tadulako. Kuliah Tamu  ini dihadiri oleh sejumlah dosen Jurusan Pendidikan IPS dan Mahasiswa.

Pelaksanaan Kuliah Umum Tahun 2017 Jurusan Pendidikan IPS FKIP, Universitas Tadulako yang berlangsung selama sehari meliputi beberapa hal-hal penting. Hadir dalam Kuliah Umum sebagai pemateri Prof. Ahmad Sonhadji, Kosim Hasan, MA. Ph.D. selaku pakar Metode Penelitian Kualitatif dan Guru Besar Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, beliau menyajikan bahwa: Miles dan Hubermen (2014), mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Ukuran kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau informasi baru. Aktivitas dalam analisis meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing  / verification).

Sejumlah peneliti kualitatif berupaya mengumpulkan data selama mungkin dan bermaksud akan menganalisis setelah meninggalkan lapangan. Cara tersebut untuk peneliti kualiatatif salah, karena banyak situasi atau konteks yang tak terekam dan peneliti lupa penghayaatan situasinya, sehingga berbagai hal yang terkait dapat berubah menjadi fragmen-fragmen tak berarti. Sehingga pekerjaan pengumpulan data bagi peneliti kaulitatif harus langsung diikuti dengan pekerjaan menuliskan, mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi, dan menyajikan; yang selanjutnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *